img
img

Pendidikan

Kamis, 31 Agustus 2017 | Oleh: HMS04

Inovasi Pendidikan akan Berjalan 3 Tahun

Inovasi Pendidikan akan Berjalan 3 Tahun BERJALAN TIGA TAHUN: Programme Director Inovasi 2017, Mark Weyhard saat menyampaikan informasi tentang kegiatan Inovasi yang akan dijalankan di Malinau. WIDAYAT/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU - Programme Director Inovasi 2017, Mark Weyhard mengharapkan agar pelaksanaan program kerjasama kemitraan bidang pendidikan antara Pemerintah Indonesia dan Australia dalam 3 tahun ke depan berjalan dengan baik. Khususnya dalam hal inovasi pendidikan, dapat menghasilkan produk yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah mitra. Yaitu di Kabupaten Malinau dan Bulungan.

Dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ini menjadi sasaran program inovasi untuk anak  sekolah Indonesia (Inovasi) 2017. “Program ini akan berakhir 2019,” Mark Heyward dan menegaskan dalam perencanaan Program Inovasi bersama guru-guru sekolah dasar (SD) sebagai sasaran utamanya.

Lebih lanjut dikatakan, Program Inovasi dihadirkan untuk mencari solusi dalam mengatasi tantangan pembelajaran di kelas. Khususnya yang berkaitan dengan kemampuan membaca dan berhitung. Program ini akan mencari formula yang tepat sesuai dengan karakter daerah. Dalam hal pendidikan atau proses pembelajaran, dinilai perlu ada sebuah inovasi yang disesuaikan dengan karakter daerah atau kondisi lokal sekolah. Karena tujuan dari pelaksanaan Program Inovasi ini untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi pembelajaran di daerah. “Sehingga dapat mendorong anak unuk bisa memahami pembelajaran yang diberikan. Dengan harapan, mutu dan kualitas pendidikan meningkat,” beber Mark Weyhard.

Mark Weyhard juga menegaskan bahwa Program Inovasi ini berfokus pada peningkatan mutu pembelajaran siswa, tentang literasi dan numerasi pada jenjang pendidikan dasar. Sasarannya adalah para siswa dan para guru, kepala sekolah, orang tua, pengawas, pemerintah kabupaten, mitra dan semua pemangku kepentingan lainnya dalam berinovasi untuk dunia pendidikan. Khususnya pendidikan di wilayah-wilayah pedalaman dan perbatasan sepertihalnya Malinau.

Sebagai Programme Director Inovasi, Mark Weyhard juga berjanji akan fokus mendorong penerapan program ini di Malinau dan Bulungan, Provinsi Kaltara. Mark Weyhars berharap, ada komitmen juga dari seluruh pihak terkait untuk menjalankan program dengan baik. Sehingga membuahkan hasil sesuai harapan. “Tidak akan membuahkan apa apa program ini kalau tanpa komitmen seluruh pihak di sini,” tukasnya.

Sementara Benita Chudleigh, Second Secretary (Education), DFAT Australia, selaku perwakilan Pemerintah Australia untuk bidang pendidikan mengatakan dari komitmen kerja sama tersebut, tahap awal sudah dilaksanakan yaitu perencanaan Program Inovasi untuk anak sekolah Indonesia (Inovasi). Di Provinsi Kaltara, ada 2 kabupaten yang terpilih menjalin kerja sama Inovasi ini yakni Malinau dan Bulungan.

Benita Chudleigh  menegaskan, sudah 10 tahun Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Australia dalam bidang Inovasi Pendidikan. Dipaparkannya, dilaksanakan di Nusa Tenggara Barat. Program Inovasi merupakan kemitraan yang penting antara Pemerintah Australia dan Indonesia. Bekerjasama dengan sekolah, guru  dan para pejabat setempat.

Untuk diketahui, Program inovasi bekerja untuk memperkuat kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan dukungan yang diberikan kepada guru, agar mereka dapat mengajar dengan lebih efektif dan memberi kesempatan pada semua anak di kelas untuk memenuhi potensi pembelajaran mereka. Karena itu, sambung Benita Chudleigh program kemitraan ini menjadi sebuah angkah awal yang baru dan produktif dalam upaya mengembangkan inovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Utara.  “Inovasi ini merupakan salah satu bentuk kerja sama pendidikan antara 2 negara ini. Tujuannya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kalimantan Utara, yaitu di Malinau dan Bulungan,” ungkapnya. (ida/fly) 

Baca Juga

Berita Utama Index

Bupati Pimpin Apel Gabungan Korpri

Bupati Pimpin Apel Gabungan Korpri

Selasa, 17 Juli 2018

Malinau – Selasa (17/7) Pemerintah Kabupaten Malinau melaksanakan apel gabungan korpri yang berlangsung di halaman kantor bupati malinau bertindak selaku Pembina apel Bupati malinau Dr. Yansen TP, M.Si dihadiri oleh Aparatur Sipil Negara (ASN)

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 15 Aug 2018 17:44 - ARTIKEL GPR - Jamin Kualitas Daging Kurban, Pemerintah Terapkan Standar ASUH | 14 Aug 2018 16:40 - ARTIKEL GPR - Kado Jelang Kemerdekaan untuk Puldama | 14 Aug 2018 13:49 - ARTIKEL GPR - Realisasi Investasi Triwulan II 2018 Naik 3,1 % | 13 Aug 2018 14:28 - ARTIKEL GPR - Strategi Pemajuan Kebudayaan Jadi Modal Pembangunan Nasional | 01 Aug 2018 12:10 - ARTIKEL GPR - Imunisasi MR Lindungi Anak Indonesia dari Kecacatan