img
img

Pemerintahan

Kamis, 31 Agustus 2017 | Oleh: HMS04

Harga Kebutuhan Pangan Masih Stabil

Harga Kebutuhan Pangan Masih Stabil HARGA SEMBAKO STABIL : Hasil survei Disperindagkop-UMKM Malinau menyebutkan belum ada bahan pangan yang mengalami kenaikan baik yang didatangkan dari luar Malinau dan hasil lokal. DOK

PROKAL.CO, Ketersediaan pangan H-3 jelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah yang jatuh pada tanggal 1 September dipastikan cukup dan harganya tetap stabil. Hal ini diyakini Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Malinau Drs Eman Mering M.Si, kemarin (29/8).

“Kami sudah ke lapangan dan melihat dari kondisi saat ini di H-3 untuk harga pasaran belum mengalami kenaikan yang signifikan semua stabil,” ungkap Eman.

Dalam kondisi perekonomian saat ini yang masih lesu, diharapkan tetap stabil dan tidak ada kenaikan harga maupun permainan di pihak pedagang karena semua sudah disurvei. Bahkan hasil survei menyebutkan belum ada bahan pangan yang mengalami kenaikan baik yang didatangkan dari luar Malinau dan hasil lokal.

“Contohnya bahan kebutuhan dapur seperti bawang merah, putih masih tetap sama harganya di kisaran Rp 45 ribu sehingga kestabilan harga masih bisa terkontrol. Selain itu juga makanan dan minuman tidak ada kenaikan yang signifikan dan pembeli serta penjual juga stabil,” katanya.

Hal ini juga senada diungkapkan Watik, salah satu pemilik kios yang menjual Sembilan bahan pokok (sembako) di Malinau. “Hingga saat ini untuk pembelian barang jelang lebaran masih sama saja dengan hari kemarin. Kemungkinan lebaran Idul Adha tahun ini tidak terlalu ramai seperti tahun sebelumnya,” jelasnya.

Lain halnya dengan Sarinah, salah satu pedagang sayur di pasar Induk Malinau yang mengaku ada sedikit kenaikan dan tidak seperti tahun sebelumnya. “Meski sekarang pedagang sayur dipusatkan dalam satu tempat jelang lebaran ini juga masih sepi. Padahal dulu H-3 seperti saat sekarang sudah banyak yang belanja,” akunya.

“Namun ini mungkin juga terkait pendapatan masyarakat yang sudah lama dikatakan lesu, kalau untuk kenaikan tidak terlalu hanya di beberapa item saja. Cabai misalnya ada yang dari harga Rp 60 ribu per kg yang hanya mengalami kenaikan Rp 5 ribu,” sebutnya. Untuk itu ia sangat berharap di lebaran tahun ini semua bisa stabil sehingga pembeli juga berdatangan. (ewy/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

5 (Lima) Raperda di sah kan

5 (Lima) Raperda di sah kan

Rabu, 15 Agustus 2018

Malinau - Rapat Paripurna ke – 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malinau Masa Sidang II Tahun 2018 dengan acara Persetujuan dan Penetapan DPRD Kabupaten Malinau terhadap 5 (Lima) Raperda menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kebupaten Malinau

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya