img
img

Pertanian

Rabu, 30 Agustus 2017 | Oleh: HMS04

Distan Sosialisasikan Kesehatan Hewan

Distan Sosialisasikan Kesehatan Hewan HEWAN KURBAN: pelaksanaan sosialisasi tentang kesehatan hewan kurban oleh Dinas Pertanian Malinau menindaklanjuti surat edaran Menteri Pertanian di kantor Kemenag Malinau, Senin kemarin, (28/8). WIDAYAT/RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, MALINAU- Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Malinau Ir Kristian Muned MT membuka sosialisasi peningkatan kewaspadaan hewan kurban menyambut hari raya Idul Adha 1438 Hijtriyah / 2017 Masehi yang tauh pada Jumat, 1 September 2017 mendatang. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau, Senin, 28 Agustus 2017 pagi kemarin itu  juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau H Ishak, S Sos MUI Kabupaten Malinau, serta para pengurus  Masjid yang ada di Malinau serta organisasi Islam yang ada di Malinau.

“Bentuk sosialisasi yang kami lakukan  dengan memasang spanduk dan pemberitaan di media elektronik dan cetak tentang syarat-syarat hewan kurban dan penyakit zonosinya,” jelas Ir  Kristian Muned. MT dalam sosialisasi kepada seluruh peserta tersebut.
                
kegiatan ini, kata Kristian Muned, menindaklanjuti surat edaran Menteri Pertanian terkait kesehatan hewan kurban dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh lembaga dan pelaksana pemotong hewan kurban. Khususnya dalam menjaga kesehatan hewan kurban yang aman dan halal, sehingga hewan kurban yang sampai ke masyarakat ini tidak menimbulkan polemik.

“Kesehatan ini juga dapat mendukung program pemerintah secara nasional. Mungkin secara itu garis besarnya,”  ungkap Kristian Muned.

Disinggung soal jumlah ternak yang jadi hewan kurban, Kristian Muned menerangkan bahwa hingga kemarin pihaknya masih belum mendapatkan kepastian berapa banyak hewan kurban yang siap dipotong sebagai hewan kurban. Karena dalam kegiatan ini, Dinas Pertanian Malinau hanya sebatas melakukan sosialisasi terhadap ternak yang baik dan sehat serta aman sebagai hewan yang akan dipotong sebagai hewan kurban.

“Ini yang menjadi kewajiban kami (Dinas Pertanian) terhadap kondisi daging kurban tersebut apakah layak atau tidaknya untuk diedarkan kepada masyarakat,” tegas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Malinau ini.   

Mengingat, sambung Kristian Muned, biasanya hewan-hewan kurban banyak masuk ke lokasi-lokasi atau diserahkan di langsung kepada pengurus masjid di Kabupaten Malinau pada H-2 dan H-1, Distan  telah mengirimkan surat yang berkaitan dengan pengawasan hewan kurban yang ditunjukkan kepada  pengumpul hewan kurban, Badan Kemakmuran Masjid (BKM), pimpinan perusahaan dan ketua yayasan  tentang hewan kurban. Hewan yang berasal dari daerah lain harus dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal. Terakhir,  Kristian Muned menghimbau kepada seluruh panitia kurban agar tidak menggunakan pembungkus plastik warna hitam sebagai wadah daging kurban  agar benar-benar aman, sehat, utuh dan halal. (ida/puu)

Baca Juga

Lima Desa Dapat Penghargaan Kamis, 23 November 2017

Lima Desa Dapat Penghargaan

Keputusan Tetap Pada Gubernur Kamis, 23 November 2017

Keputusan Tetap Pada Gubernur

Berita Utama Index

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Bupati Lantik 28 Kepala Desa

Kamis, 23 November 2017

PROKAL.CO, MALINAU - Pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepala desa (Kades) terpilih periode 2017-2023 oleh Bupati Malinau Dr Yansen TP MSi  di ruang Tebengang, lantai 2, Kantor Bupati, Jalan Pusat Pemerintahan, Tanjung Belimbing, Selasa (21/11)

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya