img
img

Pendidikan

Selasa, 29 Agustus 2017 | Oleh: HMS04

Setiap Warga Harus dan Wajib Ikut Pendidikan

Setiap Warga Harus dan Wajib Ikut Pendidikan MALINAU BERUNTUNG: Wabup menilai, hadirnya program inovasi hasil kerjasama kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Indonesia melalui Kemendikbud di Kabupaten Malinau diharapkan ikut berperan dalam memajukan pendidikan. (FOTO: WIDAYAT/RADAR TARAKAN)

PROKAL.CO, MALINAU- Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan. Baik itu pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. Hal tersebut, kata Wakil Bupati Topan Amrullah SPd MSi, selaras dengan salah satu dari tiga program yang menjadi unggulan Pemerintah Kabupaten Malinau. dan, ketiga (3) program unggulan tersebut yakni RT Bersih, beras daerah (Rasda) dan wajib blajar 16 tahun.

Perihal terebut diungkapkan Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah SPd MSi membuka acara lokakarya penyusunan rencana Inovasi 2017 Kabupaten Malinau bekerjasama dengan Pemerintah Australia melalui Kedutaan besarnya di Jakarta dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

“Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Oleh karena itu setiap warga negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi,” terang Wabup Topan Amrullah dihadapan para perwakilan dari Australia, Kemendikbud, dan peserta rencana Inovasi 2017 Kabupaten Malinau, Kamis, 24 Agustus 2017 pekan kemarin.

Kemudian dari tindak lanjut program wajib belajar 16 tahun tersebut, Pemerintah Kabupaten Malinau menerbitkan peraturan melalui Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 1 tahun 2017 tentang program wajib belajar 16 tahun. Dalam Perbup tersebut mengamanatkan bahwa penduduk Kabupaten Malinau yang berusia 3 sampai 18 tahun wajib mengikuti pendidikan mulai dari pendidikan usia dini (PAUD), pendidikan dasar sampai pendidikan menengah. “Pemkab Malinau menekankan akan pentingnya setiap generasi penerus kita dipersiapkan menjadi generasi handal dan berkarakter yang dimulai sejak usia dini,” ungkap Wabup.

Wabup juga memberikan gambaran secara umum pendidikan  di Kabupaten Malinau/ yakni jumlah lembaga PAUD 128 lembaga terdiri dari kelompok bermain dan yang sejenis berjumlah 81 lembaga dengan jumlah siswa 1.891 orang. Lembaga TK berjumlah 37 dengan jumlah siswa 1.359 orang// Jumlah SD sebanyak 102 sekolah negeri, 3 SD swasta dan 1 madrasyah ibtidaiyah dengan jumlah siswa sebanyak sebelas ribu delapan ratus dua pilih enam orang. Dan untuk SMPN sebanyak 33 sekolah, 1 SMP swasta dan 1 MTS dengan jumlah siswa 4.179 orang.

Ditegaskan Wabup, dari berbagai penelitian pendidikan anak usia dini akan memberikan persiapan anak menghadapi masa – masa ke depannya, yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah. Saat ini, beberapa sekolah dasar diluar Kabupaten Malinau mensyaratkan anak murid yang mau mendaftar sudah bisa membaca dan berhitung. “Di masa TK pun sudah mulai diajarkan kemampuan bersosialisasi dan problem solving. Karena kemampuan - kemampuan itu sudah bisa dibentuk sejak usia dini,” tegas Wabup.

Pemerintah Kabupaten Malinau, dinilai  Wabup sangat beruntung sekali dan sangat bersyukur dengan hadirnya program inovasi yang akan ikut berperan dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Malinau. Program ini sangat penting bagi Malinau untuk mencari akar permasalahan dan menemukan solusi yang tepat tentang bagaimana proses pembelajaran khususnya membaca di jenjang sd dapat ditingkatkan. Karena itu, atas nama Pemkab Malinau Topan Amrullah berharap dengan kehadiran tim inovasi ini akan memberikan andil yang besar dalam meningkatkan mutu pendidikan di bumi Intimung, Malinau. Topan Amrullah juga berpesan agar kegiatan peyusunan rencana inovasi 2017 ini dapat diikuti dengan sungguh - sungguh sampai selesai. “Karena keikutsertaan secara aktif peserta pada kegiatan ini akan memperoleh formula yang tepat dalam menetapkan model pembelajaran di kelas yang nantinya akan dipraktekkan oleh para guru kita,” harapnya.(ida/puu)

Baca Juga

Berita Utama Index

Yansen TP: Mutasi Adalah Hal yang Wajar

Yansen TP: Mutasi Adalah Hal yang Wajar

Jum'at, 25 Mei 2018

PROKAL.CO, MALINAU - Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dalam sambutan dan arahannya di acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Adminisitrator, Pejabat Pengawas, Kepala Sekolah, kepala Unit Pelaksana Teknis

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya