img
img

Pemerintahan

Kamis, 24 Agustus 2017 | Oleh: HMS04

PKBN, Bupati Berharap Menjadi Sebuah Lembaga

PKBN, Bupati Berharap Menjadi Sebuah Lembaga BERI PEMBEKALAN : Usai membuka secara resmi acara Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN), Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si memberi pembekalan kepada 75 peserta PKBN di Ruang Laga Feratu, Kantor Bupati Malinau, Selasa (22/8). HUMAS UNTUK RADAR TARAKAN

PROKAL.CO, BUPATI Malinau Dr. Yansen TP, M.Si membuka secara resmi acara Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) bagi masyarakat perbatasan di Kalimantan Utara pada hari Selasa (22/8) di Ruang Laga Feratu, Kantor Bupati Malinau. Bupati berharap acara PKBN yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan-RI) ini terus menerus dilaksanakan dan kalau bisa PKBN menjadi sebuah lembaga.

Saat diwawancarai usai membuka acara PKBN, bupati menegaskan program PKBN ini memang sesuatu yang harus dilakukan. Karena, baik aparat pemerintahan dan masyarakat Indonesia harus tetap menjaga kemurnian nilai-nilai bangsa.

“Bagaimana kita menjaga nilai kemurnian itu, paling tidak kita membentuk kesadaran masyarakat tentang nilai keindonesiaan itu. Apa saja nilai ke-Indonesiaan itu, ya seperti toleransi, gotong royong, persatuan, kesatuan, kerjasama, solidaritas dan sebagainya, itu nilai kebangsaan kita,” ujarnya.

Ditegaskannya lagi, kesadaran bela negara Itu harus menjadi pribadi dan perilaku serta menjadi nilai hidup bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Sebab, yang namanya karakter kebangsaan itu harus diwujudkan, harus kuat dan itu lahir dari diri pribadi WNI.

Oleh sebab itu, lanjutnya, kalau berbicara menjaga dan membela negara, tidak lain konsep hidup bernegara itu harus menjadi konsep hidup perilaku. “Jadi saya kira, program bela negara ini sangat baik. Kalau perlu di lembagakan dan dilaksanakan terus menerus,” ungkapnya seraya mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung, karena itu merupakan kewajiban dan sesuai dengan tujuan Pemeritah Kabupaten Malinau yang ingin menciptakan masyarakat Malinau yang berkepribadian kebangsaan.

Sebelumnya, laporan dari panitia acara, yaitu Kolonel Arh Lukito yang merupakan Analis Madya Bidang Bela Negara Ditjen Pothan Kemenhan-RI, kegiatan PKBN bagi masyarakat perbatasan dilaksanakan di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara dan dilaksanakan selama dua hari. “Peserta kegiatan PKBN bagi masyarakat perbatasan di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara sebanyak 75 orang,” tukasnya. (ags/fly)

Baca Juga

Berita Utama Index

5 (Lima) Raperda di sah kan

5 (Lima) Raperda di sah kan

Rabu, 15 Agustus 2018

Malinau - Rapat Paripurna ke – 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malinau Masa Sidang II Tahun 2018 dengan acara Persetujuan dan Penetapan DPRD Kabupaten Malinau terhadap 5 (Lima) Raperda menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kebupaten Malinau

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya