img
img

Pendidikan

Senin, 21 Agustus 2017 | Oleh: HMS04

Sekolah Masih Kekurangan Guru

Sekolah Masih Kekurangan Guru

PROKAL.CO, MALINAU-Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau mengakui, masih kekurangan banyak tenaga pengajar alias tenaga guru. Khususnya sekolah-sekolah yang ada di daerah pedalaman dan perbatasan.

“Nominalnya, saya tidak tahu persis kekurangan guru ini. Yang jelas, berada di daerah perbatasan dan pedalaman. Itu masih kurang,” terang Kepala Bidang Tenaga Didik dan Kependidikan pada Dinas Pendidikan Malinau, FX Brata Puji Susila kepada media ini disela-sela mengikuti acara malam resepsi kenegaraan.

FX Brata Puji Susila menyebutkan, jumlah sekolah untuk jenjang SMP se Kabupaten Malinau sekarang ini ada 31 sekolah. Sedangkan jenjang SD terdapat 102 sekolah. Rata-rata, yang kekurangan guru sekolah di daerah perbatasan dan merupakan sekolah baru. Untuk sekolah yang lama memiliki kekurangan tenaga pengajar mencapai 3 sampai 4 orang guru. Namun kebutuhan guru di sekolah yang ada di wilayah perkotaan Kabupaten Malinau ini relatif cukup, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. “Namun dari segi latar belakang, masih kurang tapi bisa ditanggulangi oleh guru-guru yang lain. Khususnya yang latar belakang guru-guru satu rumpun.” ujar FX Brata Puji Susila.

FX Braja Puji Susila menjelaskan, wilayah-wilayah yang kekurangan tenaga guru khususnya daerah Kecamatan Pujungan ,Bahau Hulu, Kayan Hulu, Kayan Hilir, Kayan Selatan, Malinau Selatan Hulu dan Malinau Selatan Hilir, Sungai Tubu, Mentarang Baru. “Itu pada dasarnya kekurangan guru, tetapi secara jumlah belum bisa menghitung secara pasti,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan FX Brata Puji Susila, kekurangan tenaga untuk di setiap sekolah SD itu minimal sekitar 6 guru, tingkat SMP minimal 10 guru. Tetapi, jika jumlah itupun terpenuhi, diakui FX Brata Puji Susila hal itu juga belum sangat ideal sekali. karena dinilai masih kurang. Namun, kekurangan itu bisa dihandle oleh guru guru-guru serumpun. “Artinya guru bidang studi matematika masih mengajar kimia atau fisika atau lainnya. Begitu  juga dengan guru bidang studi sosial, masih bisa mengajar bidang studi lainnya yang berkaitan,” imbuhnya.

Disebutkan Brata Puji Susila, kebutuhan guru berkisar antara 4 hingga 8 guru untuk SMP yang merupakan sekolah baru dibentuk atau berdiri. Bukan sekolah -sekolah lama yang sudah lama berjalan. Sedangkan untuk sekolah dasar, kekurangan guru dengan jumlah antara 2 sampai 4 orang. “Itu jika kita menghitung sesuai rumpun belajar,” tegasnya.(ida/puu)

Baca Juga

Berita Utama Index

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Rabu, 21 Februari 2018

Malinau-Aparat Pemerintahan Desa merupakan perwakilan pemerintah daerah guna untuk menjembatani dan memperpendek rentang kendali pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah termasuk dalam pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya