img
img

Info RT Bersih

Selasa, 26 Juli 2016 | Oleh: HMS04

Fokus Penataan Sungai Sebamban ke Sungai Sesayap

Fokus Penataan Sungai Sebamban ke Sungai Sesayap

MALINAU-Program bulan bakti RT Bersih yang berlangsung di kecamatan Malinau Kota sudah berjalan di semua desa dan untuk Desa Malinau Kota dan Malinau Hulu sudah dilaksanakan pada Sabtu, 23 Juli 2016 akhir pecan kemarin.  Hal ini dikarenakan sudah ada kesepaktan antara pihak kecamatan, pihak desa dan RT sudah sepakat agar bulan bakti RT Bersih dilaksanakan serentak di dua desa tersebut. Sedangkan untuk 4 desa yang ada di Kecamatan Malinau Kota sudah melakukan kerja bakti secara terjadwal setiap jumat dan ada juga setiap minggu atau dua minggu sekali.
Camat Malinau Kota Christiana Simamora SSos menegaskan, pelaksanaan bulan bakti RT Bersih yang berlangsung sabtu akhir pecan kemarin ada 34 RT yang melaksanakannya secara bersamaan. Bahkan, pihak kecamatan harus menyiapkan armada pengangkutan sampah hasil dari kerja bakti tersebut 2 unit damtruk sewa untuk memperlancar pengangkutan sampahnya agar tidak menumpuk tinggi. “Kita sewa dua truk untuk membantu pengangkutan sampah-sampahnya,” tegas Christiana Simamora kepada media ini disela kegiatan kerja bakti bulan bakti RT bersih di RT 5 Malinau Kota.
Untuk fokus utama Kecamatan Malinau Kota dan Desa Malinau Kota, kata Christiana Simamora, dalam bulan bakti RT bersih ini masih berkutat pada sungai Sebamban. Sedangkan untuk RT-RT yang lain melakukan kerja bakti diwilayah RT-nya masing-masing dalam membersihkan lingkungan sekitarnya.
Untuk penataan sungai Sebamban ini, imbuh Christiana Simamora, akan dikoordinasikan langsung dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD)  terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, DInas Tata Kota dan Bappeda Malinau. Sebab, jika dilihat di lapangan yang ada saat ini kondisi sungai Sebamban ini sudah tidak berfungsi secara maksimal karena mengikuti alur anak sungai dan terlalu jauh. Selain itu sudah banyak bangunan yang berdiri di sekitar bantaran anak sungai tersebut dan menyulitkan alat berat masuk ke lokasi untuk normalisasi sungai. “Karena kita sudah liha lokasinya, lebih baik kita tembak lurus saja di lahan yang kosong ini sampai tembus ke sungai Sesayap,” tegas Christiana Simamora dan menambahkan bahwa dalam kerja bakti ini dibantu langsung oleh sejumlah Prajurit dari Yonif 614/Raja Pandhita.
Sedangkan untuk bersih-bersih sungai Sebamban kea rah hulu sungai tersebut, terang Camat Malinau Kota lagi, sudah dijadwalkan pada 8 Agustus bulan depan. Hal ini mengacu pada jadwal yang sudah direncanakan Dinas Tata Kota, fokusnya mengikuti jalur sungai kearah hulu sungai Sebamban. Dirinya berharap, kegiatan bulanbakti RT bersih pada 8 Juli bersama Dinas Tata Kota  nanti akan lebih banyak masyarakat yang terlibat langsung untuk melakukan bersih-bersih di Sungai Sebamban ini agar sungainya berfungsi dengan baik. “Sekarang ini ‘kan ndak berfungsi, banyak sampah disepanjang sungai ini,” tukas Christiana Simamora mengakhiri.(ida/Radar Tarakan)

Baca Juga

Berita Utama Index

Pemerintah dan Dewan Sambut Positif

Pemerintah dan Dewan Sambut Positif

Rabu, 18 Oktober 2017

PROKAL.CO, MALINAU-Bupati Dr Yansen TP MSi menyambut baik atas masuknya investor baru yang melakukan ekspose pembangkit listrik tenaga air (PLTA) oleh PT Kayan Investama Internasional dan Sarawak Energy Berhad di Kabupaten Malinau.  Ekspose dibuka

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya