img
img

Kerajinan dan Produk Unggulan

Senin, 25 Juli 2016 | Oleh: HMS04

Eskpedisi ke Malinau, Melihat Potensi Urusan Niaga

Eskpedisi ke Malinau, Melihat Potensi Urusan Niaga Teks foto: BERI PENJELASAN: Puan Myrna Jeminez saat memberikan penjelasan ikhwal kunjungannya ke Malinau dalam pertemuan dan dialog di ruang kantor Bupati Malinau, Sabtu, 23 Juli 2016 pekan kemarin. Foto Widayat/radar tarakan)

MALINAU- Timbalan Pengarah Hal Ihwal Wanita Sabah Puan Myrna Jeminez mengungkapkan, sejak dulu pihaknya sering dan terbisa mendengar sejarah perdagangan antara Tarakan dan Tawau melalui jalur laut. Tetapi daerah yang bersempadan atau yang berbatasan langsung antara Indonesia dan Malaysia dari Sabah yang dibuka untuk dagangan diwilayah perabatasan, maka para wanita yang tergabung dalam jawatan usahawan Wanita Sabah pun ingin tahu ada apa di wilayah tetangga.

“Tapi yang 3 daerah yang sempadan (berbatasan langsung) yang dibuka di Sabah itu di Tenom, Sipitang dan Nabawan. Saya sendiri penasaran mau tahu, sebab itu kita  melalui sungai. Saya katakan, kedatangan kami ke Malinau ni semacam ekspedisi lah,” tegas Puan Myrna Jeminez dalam pengantar dialog dengan pemerintah Kabupaten Malinau Sabtu, 23 Juli 2016 di tengah masyarakat Malinau utamanya wanita pelaku UMKM di ruang Tebengang kantro Bupati Malinau yang dihadiri  Bupati dan sejumlah pejabat FKPD dan kepala SKPD dilingkungan Pemkab Malinau.

Dalam perjalanan dari Sabah menuju Kabupaten Malinau, menurut Puan Myrna Jeminez, juga mendapat mengalaman yang menarik karena bisa melihat pemandangan yang indah di tepi Sungai  ketika masuk ke kawasan Indonesia. Ciri-ciri masyarakat di persepadanan atau di kawasan perbatasan terdapat banyak  kesamaan. “Ini kita menyahut seruan antara kedua negara ini membuka perdagangan persempadanan secara legal,” tegas Puan Myrna Jeminez.

Oleh karena itu, terang Puan Myrna Jeminez, kedatangan rombongan usahawan Wanita Sabah, Malaysia ini ingin melihat potensi yang bisa dibangun bersama dalam bentuk kerjasama bidang ekonomi dan perdagangan sebagai satu aspek dalam peranan wanita di kawasan perbatasan. Karena dalam urusan hal ikhwal wanita ini banyak sekali bidangnya antara lain keseteraan gender, pendidikan dan kesehatan dan lainnya. Namun bukan berarti bersaing dengan lelaki secara total, tapi wanita juga tidak ingin ketinggalan. Wanita pun ada potensi  untuk duduk di kantor sebagai bos atau CEO kalaupun tidak pernah menjadi perdana menteri. “Indonesia kita bangga karena pernah presiden wanita, di Malaysia kami masih mimpi. Tapi  kita punya hasyrat, wanita itu duduk dalam syarikat-syarikat (lembaga-lembaga) di kantor,” harapnya.

Dari aspek keusahawanan wanita ini,  sambung Puan Myrna Jeminez, sebenarnya akan banyak yang ingin ikut bersama dalam rombongan lawatan ini. Tetapi karena ada satu program anjuran kewirausahawanan di Kuala Lumpur, sehingga ada 6 orang yang mengundur diri tidak ikut berkunjung ke Kabupaten Malinau. “karena perjalanan kami ni ekspedisi melalui sungai, sehingga sampe produk yang kami bawa pun tidak banyak. Hanya sebagai contoh yang kita lihat-lihat saja lah untuk berkongsi-kongsi antara pengusaha disini,” imbuhnya.

Namun demikian, dari usahawan Wanita Sabah juga mengatakan bahwa tidak ada batasan yang bermakna bahwa apapun barang dagangan itu akan sampai juga ke Malinau maupun ke Sabah. Tapi kaidah yang dingin diinformasikan bahwa di Sabah  itu bisa membeli dengan searching di internet dan mungkin di malinau juga sudah terbiasa. Tidak bertatap muka pun, tetap bisa mendapatkan barangnya. “Jadi, harapan hujungan kami usahawan wanita Sabah ini bisa terjalin segera, esok atau lusa akan ada lanjutan –lanjutan tertentu seperti di Tarakan. Mereka akan berkomunikasi sendiri karena saya pun hanya fasilitasi saja antara usahawan Wanita Sabah dan Malinau,” ujarnya.(ida/Radar Tarakan)

Baca Juga

Berita Utama Index

Asisten III Lakukan Sidak Di Kecamatan

Asisten III Lakukan Sidak Di Kecamatan

Rabu, 26 April 2017

Malinau-Upaya penegakan disiplin di Kecamatan digalakkan. Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs.H.Edy Marwan, M.Si didampingi oleh Iwan Darma Yuana, S.Sos,M.Si Kepala Bagian Tata Pemerintahan turun melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kecamatan

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya