img
img

Info RT Bersih

Kamis, 21 Juli 2016 | Oleh: HMS04

Bulan Bakti RT Bersih Dimonev Berjenjang

Bulan Bakti RT Bersih Dimonev Berjenjang

MALINAU-Tim Fasilitasi Kabupaten, Camat dan Desa melakukan pembinaan dan pengendalian pelaksanaan bulan bakti (Bulbak) RT Bersih Kabupaten Malinau Tahun 2016  secara berjenjang sesuai dengan tingkat kewenangan masing-masing. Begitu juga pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev), menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa  (BPMD) Malinau Ajang Kahang SSos MSi, hal ini dilaksanakan guna memantau perkembangan program, melakukan penilaian sekaligus menyusun tindakan perbaikan. “Kegiatan Monev dilakukan secara partisipatif oleh masyarakat RT sendiri maupun dilaksanakan oleh tim pendamping Bulbak RT Bersih Kabupaten Malinau Tahun 2016, Desa, Kecamatan dan oleh Tim Fasilitasi Bulbak  RT Bersih Kabupaten Malinau Tahun 2016”, Jelas Ajang Kahang kepada media ini kemarin.

Namun demikian, terang Ajang Kahang, monitoring dan evaluasi masyarakat yang dilakukan secara partisipatif merupakan upaya untuk memberdayakan masyarakat. Sehingga masyarakat memiliki kapasitas dalam pengambilan keputusan pengelolaan program, dengan memberikan peluang bagi mereka untuk merefleksikan apa yang telah dicapai. Kemudian menentukan langkah yang harus diambil, dan mengkaji dampak dari pilihan-pilihan yang mereka tetapkan sendiri. “Hasil Monev masyarakat yang berupa rekomendasi perbaikan maupun pengembangan alternatif kegiatan baru sebagai kelanjutan program, dapat langsung dimanfaatkan dan diterapkan,” ungkap Ajang Kahang.

Untuk monitoring tim pendamping Bulbak RT Bersih tahun 2016 Tingkat Desa adalah kegiatan pemantauan program dengan tujuan untuk memperoleh beberapa informasi kegiatan di lapangan. Antara lain  pelaksanaan program, hasil-hasil kegiatan, kendala dan permasalahan yang dihadapi, berbagai penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan dan pemecahan masalahnya.  Kemudian hasil Monev selanjutnya dibahas dalam rapat koordinasi tim pendamping Bulbak RT Bersih Kabupaten Malinau Tahun 2016 tingkat Desa. “Hasil monitoring dibahas pada rapat koordinasi tingkat desa dan selanjutnya dilaporkan kepada Camat tentang hasil-hasil kegiatan,” terang mantan staf Ahli Bupati Malinau ini.

Monitoring Tim Pendamping Bulbak RT Bersih  Tahun 2016 Tingkat Kecamatan juga perlu dilakukan dalam upaya pemantauan program dengan beberapa tujuan. Antara lain  untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan program, hasil-hasil kegiatan, kendala dan permasalahan yang dihadapi. Termasuk juga berbagai penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan dan bagaimana pemecahan masalahnya.    Hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) selanjutnya dibahas dalam Rapat Koordinasi Tim Pendamping Bulbak RT Bersih Kabupaten Malinau Tahun 2016 tingkat Kecamatan. “Hasil monitoring dibahas pada rapat koordinasi tingkat kecamatan dan selanjutnya dilaporkan kepada Bupati Malinau melalui BPMD tentang hasil-hasil kegiatannya” tukas mantan Serkretaris DPRD Kabupaten Malinau ini.(ida/Radar Tarakan)

Baca Juga

Berita Utama Index

Asisten III Lakukan Sidak Di Kecamatan

Asisten III Lakukan Sidak Di Kecamatan

Rabu, 26 April 2017

Malinau-Upaya penegakan disiplin di Kecamatan digalakkan. Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs.H.Edy Marwan, M.Si didampingi oleh Iwan Darma Yuana, S.Sos,M.Si Kepala Bagian Tata Pemerintahan turun melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kecamatan

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya