img
img

Info Nasional

Kamis, 30 Juni 2016 | Oleh: HMS04

Mendagri Arahkan Seluruh Pemda Sidak Kasus Vaksin

Mendagri Arahkan Seluruh Pemda Sidak Kasus Vaksin

Jakarta, InfoPublik - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengarahkan seluruh pemerintah daerah (Pemda) melakukan sidak ke fasilitas kesehatan terkait kasus vaksin palsu.

Langkah tersebut diharapkan dapat  meredam gejolak di tiap wilayah kerja mereka. "Sudah diskusi dengan eselon I, sudah siapkan surat untuk dikirim ke Pemda," kata Tjahjo di kantornya, Rabu (29/6).

Menurutnya, tugas kepala daerah  adalah mengecek langsung ke  Puskesmas, Posyandu dan Rumah Sakit. Mendagri mengatakan kepala daerah dapat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat. Mendagri menegaskan kepala daerah  juga diberi tugas khusus untuk mengingatkan  petugas kesehatan. "Bahwa membeli vaksin itu harus clean and clear, belinya dari siapa," katanya.

Ia  mengapresiasi tugas Polri dalam pengungkapan tindak kejatahan ini. Apalagi, praktik haram tersebut sudah lama berlangsung.

Menurutnya, pelaku pemalsuan vaksin harus dihukum seberat-beratnya.Ia menambahkan  dampak mematikan terhadap anak-anak Indonesia apabila disuntik vaksin palsu itu.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengecam adanya pemalsuan vaksin yang dapat mengancam kesehatan generasi penerus bangsa. “Kementerian Kesehatan sangat menentang dan tidak bisa memberi toleransi pemalsuan obat termasuk vaksin yang berbahaya pada kesehatan,” tutur Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek.

Menkes menjamin bahwa vaksin yang disediakan untuk program imunisasi nasional terjamin ketersediaan dan keamanannya. Vaksin tersebut disediakan oleh pemerintah, diberikan kepada Provinsi dan didistribusikan kepada Kabupaten/Kota sampai ke Posyandu.

http://infopublik.id/read/162509/mendagri-arahkkan-seluruh-pemda-sidak-kasus-vaksin.html

Baca Juga

Berita Utama Index

Jangan Sederhanakan Apel

Jangan Sederhanakan Apel

Senin, 17 Juni 2019

Malinau – Kalimat diatas diucapkan oleh Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dihadapan para peserta apel gabungan Korpri di halaman kantor Bupati Malinau, Senin pagi (17/6). “Apel itu adalah citra ASN jangan sederhanakan apel-apel yang kita

Berita Foto Index

Selamat Idul Ftri

Selamat Idul Ftri

Selasa, 04 Juni 2019

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 14 Jun 2019 13:57 - ARTIKEL GPR - Tiga Jalur PPDB 2019: Zonasi, Prestasi, Perpindahan Orang Tua | 30 May 2019 14:00 - ARTIKEL GPR - Lansia Mandiri Sejahtera | 29 May 2019 10:24 - ARTIKEL GPR - SLO di Genggaman, Rumah Aman dan Hati Tenang | 28 May 2019 13:02 - ARTIKEL GPR - Mudik Tanpa Plastik | 28 May 2019 10:00 - ARTIKEL GPR - Instansi Pemerintah dan Stakeholder Terkait Siap Layani Angkutan Lebaran 2019