img
img

Info Kaltara

Sabtu, 18 Juni 2016 | Oleh: HMS04

Gubernur Optimis Kaltara Pertahankan WTP

Gubernur Optimis Kaltara Pertahankan WTP

TANJUNG SELOR – Hasil evaluasi Pengelolaan dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) hari ini akan diserahkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengaku optimis, jika provinsi ke-34 ini akan kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas hasil evaluasi Pengelolaan dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang bakal dilangsungkan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara hari ini. “Mudahan hasil audit pengelolaan keuangan yang dilakukan BPK mendapat opini baik, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ujarnya dengan anda optimis.

Lantas, apa yang meyakini Irianto jika provinsi termuda di Indonesia ini akan kembali meraih opini WTP untuk kedua kalinya berturut-turut? Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Sekprov Kaltim ini, karena akan dihadiri langsung oleh ketua BPK RI Harry Azhar Azis. Sehingga kehadiran tersebut sebagai salah satu indikator jika suatu daerah bakal mendapatkan WTP. “Saya optimis WTP. Indikatornya, kalau ketua BPK yang datang gak mungkin gak yang terbaik,” ujarnya.

Selain itu, kata Irianto, kehadiran Ketua BPK yang mendatangi Kaltara kemungkinan sekaligus akan membawa penghargaan kepada pemerintah provinsi Kaltara yang dinilainya baik dalam pengelolaan keuangan negara dari berbagai sumber penilaian. Bagi ayah tiga anak ini, hasil evaluasi dan audit pengelolaan keuangan negara bukan bertujuan untuk mendapatkan penghargaan dari BPK saja. Namun jauh dari itu, selain prestasi, opini WTP juga menjadi tolak ukur bahwa pengelolaan keuangan di daerah benar-benar efektif dan efisien digunakan.

“Kita  pemerintah bukan semata berharap mendapat penghargaan. Termasuk penghargaan dari lembaga menyangkut pengelolaan uang negara. Yang paling penting dari pengelolaan tersebut adalah untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. Irianto meyakini jika serapan keuangan daerah pada tahun 2015 lalu menunjukkan angka yang cukup dalam kontribusi pada pengelolaan keuangan Kaltara. Sebab, kata dia, peningkatan serapan anggaran pada tahun lalu, menunjukkan akselerasi yang signifikan, yakni dari 18 persen pada semester I naik menjadi 70 persen di semester II. (*/ryn/keg)

http://kaltara.prokal.co/read/news/4089-gubernur-optimis-kaltara-pertahankan-wtp.html

Baca Juga

Berita Utama Index

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Rabu, 21 Februari 2018

Malinau-Aparat Pemerintahan Desa merupakan perwakilan pemerintah daerah guna untuk menjembatani dan memperpendek rentang kendali pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah termasuk dalam pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya