Jakarta, InfoPublik - Pancasila telah menjadi norma yang membimbing bangsa Indonesia dalam  mencapai kemerdekaan. Pancasila juga telah menjadi dasar yang diperlukan sebagai syarat  negara yang merdeka.

“Masyarakat perlu memperteguh sikap siapa kawan dan siapa lawan, dan pada kelompok yang ingin mengganti Pancasila harus dilawan,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan di kantornya, Rabu (1/6).

Mendagri menyebutkan Pancasila telah menjadi bintang penuntun  bansa Indonesia  dalam  menghadapi tantang zaman. “Pancasila telah menjadi roh dalam mencapai kemerdekaan sebagai bangsa yang berdaulat,” tegasnya.

Ia menilai Pancasila telah menjadi perekat kebhinekaan bangsa Indonesia yang majemuk. Selain itu, Ia berharap bangsa Indonesia tetap mengingat pesan presiden RI pertama yakni Bung Karno agar Pancasila tetap menjadi dasar perjuangan serta dasar permusyawaratan.

Ia berharap seluruh kelompok  seperti partai politik dan organisasi kemasyarakatan tetap bersatu dalam mempertahankan Pancasila.

Sedangkan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemdagri Dodi Riyadmadji menambahkan pihaknya akan menggelar  “Indonesia Bersyukur” di Tugu Proklamasi Jakarta bersama Aliansi Organisasi Masyarakat. “Acara tersebut akan diisi dengan pembacaan komunike bersama dan pernyataan sikap masyarakat budaya,” katanya.