img
img

Info Kaltara

Jum'at, 20 Mei 2016 | Oleh: hms07

Gubernur Serahkan Usulan Rekrutmen CPNS

Gubernur Serahkan Usulan Rekrutmen CPNS Gubernur Kaltara saat menyerahkan usulan rekrutmen CPNS kepada MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi, Tarakan (19/5)

Tarakan – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie serahkan usulan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kaltara kepada  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, di Forum Komunikasi, Koordinasi dan Konsultasi Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tarakan Kamis (19/5).

Gubernur menyebutkan provinsi termuda ini masih membutuhkan perhatian khusus untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan pengecualian terhadap provinsi termuda ini dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan pemprov Kaltara.

“Dibandingkan dengan daerah lain, kebutuhan pegawai di lingkungan pemprov Kaltara sangat jauh dari daerah lain,” Ujar Gubernur dihadapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB),

Menurut gubernur, terbatasnya jumlah aparatur di pemprov tidak menjadi penghambat untuk mengelola daerah. Terbukti, dengan usianya yang masih relatif muda, Kaltara berhasil menyabet berbagai macam prestasi diberbagai sektor.

“Jika kita hanya mengeluh saja, tentu tidak akan menyelesaikan masalah,” ujar Irianto.

Gubernur juga menyampaikan, saat kunjungan Presiden RI beberapa waktu lalu juga telah memberikan pengecualian memoratorium penerimaan PNS untuk Kaltara. Jumlah ideal untuk Kaltara sebanyak 2.335 pegawai. Ini berdasarkan hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja yang dilakukan instansi terkait.

“Walaupun masih di bawah kebutuhan ideal, tapi saya tetap mengajak para aparatur yang ada untuk terus melakukan berbagai inovasi,”ujarnya.

Sementara itu, MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi memeberikan apresiasi positif terhadap usulan dari pemprov Kaltara. Menurutnya jika Presiden sudah memberikan pengecualian untuk rekrutmen pegawai di Kaltara, maka harus segera dilaksanakan.

“Jika ini sudah menjadi arahan bapak Presiden, maka harus kita laksanakan,” ujar Yuddy.

Yuddy menjelaskan, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap usulan yang dibutuhkan oleh pemprov Kaltara. “Baik pemprov maupun kabupaten/kota di Kaltara yang mengajukan usulan, akan kami evaluasi kembali,” jelasnya.

Meski demikian, Yuddy tetap  meminta kepada instansi kepegawaian yang ada di Kaltara untuk dapat melakukan audit internal. Ini bertujuan untuk mengetahui secara pasti jumlah pegawai yang dibutuhkan.

“Lakukan audit kepegawaian dan kinerja sehingga kita dapat mengetahui jumlah pegawai yang dibutuhkan terlihat,” tambahnya.

Saat ini, beban belanja pegawai di pemvrop Kaltara masih berkisar 9 persen. Artinya, masih jauh dari jumlah standar maksimal. Yuddy mengimbau agar dipertahankan pada angka yang paling optimal.

“Pertahankan pada angka yang paling optimal, sehingga tidak semua keperluan bisa diisi,” imbaunya.

Selain itu, Menpan Yuddy juga mengimbau kepada seluruh aparatur yang ada di Kaltara untuk bekerja dengan pola lintas sektoral dan tidak hanya mementingkan ego sektoral. Artinya aparatur sipil negara harus memahami peran dan fungsinya sebagai petugas pelayanan.

“semua harus melebur, sehingga tidak ada lagi yang  mementingkan egonya,” tuntasnya. (hmsprov/hms07)

Baca Juga

Berita Utama Index

Yansen TP: Mutasi Adalah Hal yang Wajar

Yansen TP: Mutasi Adalah Hal yang Wajar

Jum'at, 25 Mei 2018

PROKAL.CO, MALINAU - Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dalam sambutan dan arahannya di acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Adminisitrator, Pejabat Pengawas, Kepala Sekolah, kepala Unit Pelaksana Teknis

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya