img
img

Perkebunan

Rabu, 11 Mei 2016 | Oleh: hms07

Perusahaan Apapun Wajib Berkoordinasi

Perusahaan Apapun Wajib Berkoordinasi Rapat koordinasi dan sinergitas pengelolaan hutan dengan pihak IUPHHK, Selasa (10/5)

Malinau – Kepala Dinas Kehutanan Frent Tomy Lukas Shut mengungkapkan, Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) pada saat ini diberi kewenangan untuk menjalankan kontrol dan pengawasan terhadap perusahaan kayu. Bahkan untuk perusahaan tambang.

Perusahaan-perusahaan tersebut wajib berkoordinasi atau melaporkan segala aktivitas yang berkaitan dengan pengelolaan hutan. “Wajib melaporkan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pengelolaan hutan,” ujar Frent Tomi Lukas usai membuka acara rapat koordinasi dan sinergitas pengelolaan hutan dengan pihak IUPHHK, Selasa (10/5).

Keharusan tersebut, imbuh Tomi Lukas, telah diatur dalam SK Menhut Nomor 224/MenhutII/2012. “SK Menhut tersebut sekaligus menetapkan Malinau sebagai lokasi bagi implementasi model Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), dalam hal ini KPHP,” jelasnya. Karena itulah, ia meminta seluruh perusahaan baik perusahaan kayu maupun tambang mematuhi ketentuan tersebut. “Prinsipnya, lakukan koordinasi dengan KPHP dalam melakukan pengelolaan hutan,” tegasnya di hadapan para pimpinan perusahaan kayu dan tambang yang hadir dalam acara kemarin.

Kepala KPHP Malinau (Unit X) Frans Juli Immanuel menegaskan bahwa sesuai dengan kewenangan, pihaknya akan melakukan peran dan fungsi melakukan pengawasan terhadap sepak terjang perusahaan secara khusus dalam hal pengelolaan hutan yang dilakukan oleh perusahaan lain. Yaitu perusahaan yang ada di 6 kecamatan dan 33 desa.

“Kalau diibaratkan, kami, KPHP itu adalah tuan tanah. Otomatis yang pakai harus lapor. Kami juga berperan sebagai mediator dalam menyelesaikan masalah antara perusahaan dan masyarakat,” paparnya.

Koordinasi dan sinergitas ditegaskannya mulai terlaksana tahun ini setelah Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP) 2016 ditetapkan. “ Tujuannya menyinambungkan dan meningkatkan kualitas konservasi SDH bagi peningkatan kesejahteraan. Untuk mengawetkan potensi keanekaragaman hayati, perlindungan peran dan fungsi ekologis dan pemanfaatan secara lestari kawasan, produk dan jasa hutan,” ungkapnya. (Radar Tarakan)

Baca Juga

Berita Utama Index

Asisten III Lakukan Sidak Di Kecamatan

Asisten III Lakukan Sidak Di Kecamatan

Rabu, 26 April 2017

Malinau-Upaya penegakan disiplin di Kecamatan digalakkan. Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs.H.Edy Marwan, M.Si didampingi oleh Iwan Darma Yuana, S.Sos,M.Si Kepala Bagian Tata Pemerintahan turun melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kecamatan

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya