img
img

Info Kaltara

Senin, 09 Mei 2016 | Oleh: hms07

Siapa Sangka, Ternyata di Kalimantan Utara Pernah Terjadi Tsunami

Siapa Sangka, Ternyata di Kalimantan Utara Pernah Terjadi Tsunami Peta prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah pda bulan Januari 2016 Provinsi Kaltim dan Kaltara.

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Masih ingat peristiwa gempa bumi yang mengguncang Gunung Kinabalu, Sabah, Malaysia pada 5 Juni 2015 lalu?

Peristiwa tersebut merupakan sederet rangkaian pergerakan salah satu puncak tertinggi di Asia Tenggara.

Pergerakan Gunung Kinabalu melalui beberapa kali aktivitas kegempaan, ternyata berdampak pada “hidupnya” salah satu patahan di pulau Kalimantan.

“Selama ini gempa-gempa terus (di Gunung Kinabalu, Malaysia), itu menghidupkan sesar yang ada di depan pulau Kalimantan. Kalau kata Pak Oki Oktariadi (Penyelidik Utama di Badan Geologi Nasional), selama ini lempeng itu tidur. Jadi tidak ada yang menggerakkan,” sebut Kabid Geologi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kaltara, Hartono kepada Tribunkaltim.co, Senin (10/5/2016).

Patahan yang “hidup” sebut Hartono, sangat membuka peluang terjadinya gempa-gempa di wilayah Kaltara.

Bahkan kata Hartono, berdasarkan catatan peta rawan bencana nasional, Kaltara sangat rawan terjadi gempa bumi.

Selain gempa yang mengguncang Kota Tarakan dan beberapa daerah di Kaltara baru-baru ini, ternyata di tahun 1923 dan 1925 juga pernah terjadi gempa bumi yang bersifat merusak.

Gempa bumi 1923 di Tarakan juga diikuti oleh gelombang tsunami kecil di wilayah Sekuran. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered

Baca Juga

Berita Utama Index

Pemerintahan Desa Harus Berjalan Baik

Pemerintahan Desa Harus Berjalan Baik

Kamis, 11 April 2019

MALINAU – Masyarakat Desa Batu Lidung khususnya dan pada umumnya masyarakat bumi intimung agar tidak begitu apatis atau tidak peduli terhadap pemerintahan atau penyelenggaraan pemerintahan yang ada. Namun, harus mendukung dan mendorong jalannya

Berita Foto Index

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya