img
img

Info Kaltara

Senin, 02 Mei 2016 | Oleh: hms07

Pemerintah Sabah Ingin Bangun PLTU di Sebatik

Pemerintah Sabah Ingin Bangun PLTU di Sebatik

TANJUNG SELOR – Pertemuan singkat Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie dengan Menteri Belia dan Sukan Sabah Yang Berhormat Datuk Tawfiq Datuk Seri Panglima (DSP) Abu Bakar Titingan di Bandara Tawau, Malaysia, lagi-lagi memberikan kabar gembira.

Menurut Gubernur, pada pertemuan tersebut Menteri Belia dan Sukan Sabah menginformasikan bahwa pemerintah Malaysia melalui pemerintah negara bagian Sabah mempunyai rencana bekerja sama dengan Kaltara untuk membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di wilayah Sebatik Indonesia. Bahkan, lanjut Gubernur, rencana tersebut telah dibahas dalam rapat kabinet pemerintah setempat.

Dipilihnya Sebatik Indonesia sebagai tempat pembangunan PLTU, karena pemerintah Negeri Jiran itu telah membangun jaringan transmisi dari Tawau ke Sebatik yang berada di wilayah Malaysia.

“Jadi kalau dibangun di Sebatik Indonesia lebih mudah dan tinggal menambah (jaringan, Red) sedikit aja lagi,” ujar Irianto, Sabtu (30/4).

Rencana pemerintah Malaysia membangun PLTU berkapasitas ratusan mega watt itu dianggap Gubernur sebagai peluang besar sekaligus kerja sama saling menguntungkan. Pasalnya, kata dia, dari pembangkit tersebut tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Sabah, tapi juga untuk kebutuhan listrik masyarakat Kabupaten Nunukan.

“Kalau bisa bangun 300 sampai 400 mega watt, itu kan besar sekali,” ujar Irianto.

Karena itu pula, kata Gubernur, pembangunan PLTU tersebut memerlukan kerja sama atau dilakukan dengan cara konsorsium dengan melibatkan pengusaha lokal. Pasalnya, untuk membangun PLTU diperkirakan Gubernur memerlukan dana USD 1 Juta untuk 1 mega watt.

“Selain itu, nanti juga bekerja sama dengan PLN untuk membangun PLTU 300 sampai 400 mega watt itu,” ujar Irianto.

“Setelah informasi resmi kita terima, kita juga akan mengajak pengusaha (lokal) kita,” sambungnya.

Gubernur juga menyatakan bahwa pemerintah provinsi akan terus menindaklanjuti informasi yang disampaikan Menteri Belia dan Sukan Sabah. Salah satunya, dengan mengonfirmasi rencana pembangunan PLTU ke Chief Minister of Sabah Yang Amat Berhormat Datuk Seri Panglima Musa Aman.

“Saya juga sudah diskusi dengan Konjen (Konsulat Jenderal RI). Nanti Konjen yang mengatur pertemuan,” ungkap Irianto.

Terkait perizinan, Gubernur menegaskan pemerintah provinsi siap membantu dan memfasilitasi. Bahkan jika perizinan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi atau gubernur, akan dipermudah demi percepatan pembangunan PLTU yang dampaknya dapat mengatasi krisis listrik di Kabupaten Nunukan.

“Ke masyarakat juga perlu disosialisasikan, terutama memberikan pemahaman bahwa listrik dari PLTU itu nantinya bukan hanya untuk kebutuhan Sabah, tapi kepentingan masyarakat Nunukan dan juga langkah strategis kita menyiapkan Sebatik sebagai kota daerah otonomi baru,” terang Irianto.

Karena itu, dirinya berharap masyarakat di Sebatik atau Nunukan pada umumnya dapat mendukung rencana pemerintah Malaysia tersebut. “Karena kalau ada listrik akan ikut mendukung percepatan pembangunan,” tegas Irianto.

Selain listrik, Gubernur juga menyampaikan bahwa pemerintah Malaysia akan membangun jalan dari Sabah ke Sarawak. Untuk pembangunan ruas jalan tersebut, kata Gubernur, pemerintah Malaysia mengucurkan anggaran mencapai Rp 105 triliun.

“Nah, nanti kita bisa menghubungkan ke ruas jalan yang dibangun pemerintah Malaysia dari daerah Sei Menggaris dan Krayan misalnya,” ujarnya.

Di samping itu, lanjutnya, juga terbuka peluang untuk membangun kerja sama transportasi udara. Misal, membuka rute penerbangan dari wilayah Malaysia ke Tanjung Selor atau daerah lain, serta kerja sama poros laut dengan rencana pembangunan pelabuhan-pelabuhan di provinsi ke-34 ini. (hmsprov)

Baca Juga

Berita Utama Index

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

Selasa, 04 Desember 2018

Malinau - 3 Desember 2018 Sekretaris Daerah Malinau Drs,Hendris Damus M.Si membuka Rekonsiliasi belanja dan kas per nopember serta bimtek akuntansi ( SIMDA ) terkait penyusunan LKPD bagi seluruh OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Malinau tahun 2018.

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya