img
img

Pertanian

Senin, 02 Mei 2016 | Oleh: hms07

Setulang Kembali Jadi Lumbung Padi

Setulang Kembali Jadi Lumbung Padi Plt. Sekretaris Daerah Drs Hendris Damus Msi membuka Rapat Kerja Kerukunan Keluarga Besar Dongo Fatang dan Syukuran Pasca Panen Masyarakat Desa Wisata Setulang, Jumat (29/4) lalu. Hms06

Malinau - Adanya komitmen dan kebijakan Pemkab  Malinau dalam program Beras Daerah (Rasda) periode 2016-2021, Kepala Desa Setulang Saleh Wang optimis, Setulang masih bertahan sebagai salah satu desa lumbung padi di Kabupaten Malinau.

Sekitar tahun 1980-an, Desa Setulang ini merupakan salah satu lumbung padi bagi Pemerintah Kabupaten Bulungan karena saat itu memang usaha masyarakat Setulang hanya bertani ladang saja. Namun saat ini sudah banyak peluang bisnis, masyarakat banyak beralih ke perkebunan sayur. namun dengan adanya komitmen daerah tentang Rasda ini, mereka akan mendorong warga untuk kembali ke sector pertanian padi.

“Kalau dulu kan betul-betul tidak ada yang menampung, tapi sekarang Pemerintah Malinau berkomitmen untuk menampung dan membeli hasil pertanian padi masyarakat. Ada kemungkinan masih bisa jadi lumbung padi lagi,” ungkapnya usai acara pembukaan rapat kerja kerukunan keluarga besar Dongo Fatang dan syukuran pasca panen masyarakat desa wisata Setulang yang dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau Drs Hendris Damus MSi, Jumat (29/4) akhir pekan lalu.

Sementara itu, terkait dengan acara syukuran pasca panen yang digelar oleh masyarakat Desa Setulang Kecamatan Malinau Selatan Hilir, adalah merupakan sebuah tradisi yang secara turun temurun dalam mengakhiri masa panen. Hal ini juga sebagai tanda ditutupnya ladang tahun 2015.

 “Syukuran ini kami lakukan dalam bentuk pesta sebagai ungkapan syukur para petani karena telah bekerja dengan selamat dan memiliki hasil yang baik dalam berusaha setahun yang lalu,” ujarnya.

Menurut Saleh Wang, dalam akhir pesta panen ini juga ada peluang baru bagi keluarga baru yang ingin membuka lahan ladang baru. Hal ini juga akan ditetapkan dalam musyawarah pada pertemuan berikutnya. Tapi inti dari syukuran pesta panen ini adalah memberikan dorongan kepada seluruh masyarakat petani.

“Baik dari para sesepuh baik dari aparat desa, lembaga adat dan orang-orang tua di desa, itu semua untuk memberikan dorongan dan semangat agar ke depan menjadi lebih baik lagi, “pungkasnya. (Radar Tarakan/Hms07)

Baca Juga

Pertahankan dan Perbaiki Desa Wisata Senin, 23 Januari 2017

Pertahankan dan Perbaiki Desa Wisata

Desa Wisata Setulang Selasa, 29 Maret 2016

Desa Wisata Setulang

Berita Utama Index

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

Selasa, 04 Desember 2018

Malinau - 3 Desember 2018 Sekretaris Daerah Malinau Drs,Hendris Damus M.Si membuka Rekonsiliasi belanja dan kas per nopember serta bimtek akuntansi ( SIMDA ) terkait penyusunan LKPD bagi seluruh OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Malinau tahun 2018.

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya