img
img

Pertanian

Kamis, 14 April 2016 | Oleh: hms07

GOW Gelar Seminar Ketahanan Pangan

GOW Gelar Seminar Ketahanan Pangan Kadis Pertanian saat menyampaikan sambutan pada acara seminar semiloka ketahanan pangan (4/4). (hms04)

Malinau – Dalam rangka memperingati hari Kartini, Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Malinau yang diketuai oleh Ir. Dolfina Damus M.Si menyelenggarakan Seminar Semiloka di ruang Tebengang Kantor Bupati Malinau hari ini, Kamis (14/4).

Seminar ini diperuntukan bagi organisasi-organisasi wanita yang ada di Malinau, baik tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Setiap organisasi diwakili oleh 3 orang anggotanya masing-masing.

Menurut Dolfina Damus, seminar ketahanan pangan yang bertemakan "Perempuan, Peran dan Kearifan Lokalnya dalam Ketahanan dan Kedaulatan Pangan" ini tujuannya sejalan dengan sekolah perempuan.

“Tujuannya yaitu untuk mendidik dan menambah wawasan kaum perempuan demi meningkatkan harkat dan kualitas hidup perempuan sebagaimana perjuangan para pahlawan dan pejuang perempuan kita,” ungkapnya.

Menurut Dolfina perempuan berperan penting dalam ketahanan pangan, gizi dan kualitas kesehatan keluarga, “Karena sebagian besar dari kitalah yang memproduksi jenis makanan itu, kita yang memilih bahan pangan yang disajikan bagi keluarga kita, kita yang  mengolahnya secara sehat untuk dikonsumsi keluarga, oleh sebab itulah  peningkatan wawasan atau pengetahuan dalam hal ketahanan pangan lokal khususnya sangat penting untuk kita bersama,” ujarnya. Dolfina berharap dengan mengikuti seminar ini diharapkan kaum perempuan dapat berperan optimal dalam kemandirian pangan di Kabupaten Malinau.

 

Acara Seminar Ketahanan Pangan ini dibuka secara Resmi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Malinau, Giram Barshobedie BSc, SE,MAP.

Dalam sambutannya Giram menyampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, Pemerintah Pusat telah menetapkan target produksi pangan strategis nasional yang meliputi padi,jangung, kedelai, tebu,daging sapi, aneka cabai dan bawang merah. Guna mencapai target tersebut salah satunya adalah dengan mengembangkan kawasan pertanian.

Sejalan hal tersebut melalui  program  gerakan desa membangun (GERDEMA), Pemkab Malinau juga berupaya meningkatkan peran pertanian untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan di Kabupaten Malinau.

 ”Ketahanan pangan adalah upaya terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik, merata serta terjangkau. Sedangkan kedaulatan pangan adalah penyediaan pangan dengan mengedepankan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat,” ungkap Giram. Oleh karenanya dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan ini petani harus didorong untuk meningkatkan produksi pangannya.

Giram mengatakan bahwa Kabupaten Malinau sudah memulai memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri, tidak tergantung pada daerah lain. “Langkah awal yang dapat dilakukan adalah memastikan keunggulan yang dimiliki setiap wilayah desa, terutama produk-produk pangan non beras sehingga kedaulatan pangan benar-benar tercapai dan tidak bergantung dengan supply dari daerah lain maupun impor,” tegasnya. Hal inilah yang terus diupayakan untuk meningkatkan daya saing daerah dan menciptakan suasana kondusif di Kabupaten Malinau dengan upaya pro investasi ,“Hal ini menandakan daya saing produk perdagangan maupun kapasitas SDM kita tidak kalah penting dengan daerah lain,” sambungnya.

Giram berharap kepada para peserta agar seminar ini dijadikan sarana saling bertukar pikiran dan informasi serta membahas upaya untuk meningkatkan daya saing daerah untuk menjadi masukan bagi Kabupaten Malinau agar semakin berkembang dan maju.  Daya saing memang menjadi faktor penting, untuk itu upaya perbaikan iklim investasi terus dilakukan. “Daya saing daerah ini akan ditentukan dengan capaian kedaulatan pangan dan kemandirian berdasarkan potensi dan kondisi daerah,” pungkasnya.

Tak lupa Giram menyampaikan ucapan terimakasih kepada para narasumber dari WWF Jakarta, Universitas Palangkaraya, dan Fasilitator  yang bersedia hadir untuk memberikan materi dan motivasinya. Kemudian diakhiri dengan membuka secara resmi acara seminar semiloka tersebut. (hms07)

 

 

Baca Juga

Berita Utama Index

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

PEMBUKAAN REKONSILIASI DAN BIMTEK AKUNTASI DILINGKUNGAN PEMKAB MALINAU TAHUN 2018

Selasa, 04 Desember 2018

Malinau - 3 Desember 2018 Sekretaris Daerah Malinau Drs,Hendris Damus M.Si membuka Rekonsiliasi belanja dan kas per nopember serta bimtek akuntansi ( SIMDA ) terkait penyusunan LKPD bagi seluruh OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Malinau tahun 2018.

Berita Foto Index

Pesta Budaya 2018

Pesta Budaya 2018

Minggu, 23 September 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya