img
img

Info Kaltara

Kamis, 14 April 2016 | Oleh: HMS04

Kaltara Dapat Jatah 50 Mahasiswa

Kaltara Dapat Jatah 50 Mahasiswa

TANJUNG SELOR - Tak hanya beasiswa konvensional yang disediakan Pemprov Kaltara. Secara khusus, pemprov juga memfasilitasi lulusan SMA/SMK sederajat mengenyam pendidikan di sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Tanah Air.

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie pada saat memantau pelaksanaan ujian nasional (UN) di SMK Negeri 1 Tanjung Selor, pekan lalu, mengatakan ada program beasiswa yang dikerjasamakan dengan Kementerian Riset, Tekhnologi, dan Pendidikan Tinggi seperti halnya program afirmasi pendidikan.

Program ini sudah mulai berjalan di Provinsi Kaltara sejak 2014 lalu. Tahun ini, program serupa kembali diusulkan orang nomor satu di Kaltara itu, agar lulusan-lulusan SMA/SMK sederajat bisa duduk di bangku perkuliahan kampus-kampus terbaik.

“Kami sudah mengusulkan 100 kuota. Tetapi Kaltara dibatasi atau dijatah hanya 50 orang. Tetapi tidak apa-apa,” ungkap Irianto.

Program afirmasi pendidikan yang biasa disebut ADik memang dikhususkan bagi wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) seperti Provinsi Kaltara. Awalnya, program ini hanya bergulir untuk wilayah Papua.

Pada 2014 lalu, berdasarkan hasil seleksi terbuka yang bertempat di setiap kabupaten dan kota, Kaltara berhasil meloloskan 31 lulusan yang terdiri 14 lulusan asal Tarakan, 7 asal Bulungan, 6 asal Malinau, dan 4 asal Nunukan.

Rinciannya, 7 orang di Institut Pertanian Bogor, 1 orang di Institut Tekhnologi Bandung, 4 orang di Institut Tekhnologi Surabaya, 1 orang di Universitas Negeri Yogyakarta, 9 di orang Universitas Gadjah Mada, 2 orang di Universitas Negeri Surabaya. Selanjutnya, 1 orang di Universitas Indonesia, 5 orang di Universitas Pendidikan Indonesia, dan terakhir 1 orang di Universitas Airlangga.

Di 2015 lalu, Kaltara berhasil meloloskan sebanyak 28 lulusan pelajar. Di antaranya 2 orang di Institut 10 November Surabaya, 1 orang di Politeknik Negeri Sriwijaya, 3 orang di Universitas Gadjah Mada, 1 orang di Universitas Negeri Malang, dan 1 orang di Universitas Negeri Jogjakarta.

Selain itu, 2 orang di Universitas Padjajaran, 3 orang di Institut Pertanian Bogor, 2 orang di Universitas Diponegoro, 1 orang di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 1 orang di Universitas Negeri Surabaya, 2 orang Universitas Pendidikan Indonesia, 2 orang di Universitas Hasanudin Makassar, 1 orang di Universitas Jember, 2 orang di Universitas Sumatera Utara,1 orang di Universitas Trunojoyo, serta 1 orang di Universitas Brawijaya.

“Pemprov memfasilitasi, menanggung biaya menuju kampus masing-masing. Dan, biaya perkuliahannya ditanggung APBN,” terang Irianto.

Selain itu, lanjut Gubernur, tahun ini pula Provinsi Kaltara mendaptkan jatah 16 orang mengikuti pendidikan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor. (hmsprov)

http://bulungan.prokal.co/read/news/1871-kaltara-dapat-jatah-50-mahasiswa.html

 

Baca Juga

Berita Utama Index

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Rabu, 21 Februari 2018

Malinau-Aparat Pemerintahan Desa merupakan perwakilan pemerintah daerah guna untuk menjembatani dan memperpendek rentang kendali pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah termasuk dalam pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya