img
img

Kerajinan dan Produk Unggulan

Selasa, 12 April 2016 | Oleh: hms07

Produk Lokal Gencar dipasarkan

Produk  Lokal Gencar dipasarkan

Malinau – Disperindagkop-UMKM menggelar bazar produk lokal di area Pusat Perkantoran Bupati Malinau, Jumat (8/4). Acara ini digelar selama sehari untuk memperkenalkan produk-produk kerajinan khas Malinau dan penganan hasil pertanian lokal. Diantaranya batik, tas rotan dan aneka cemilan ringan. “Kami memang ada program minimal sebulan sekali mengadakan bazar. Tujuannya untuk mengangkat produk-produk daerah supaya dikenal masyarakat,” ujar Kepala Disperindagkop, M.Maksum.

Bazar ini merupakan yang kedua kalinya digelar setelah sebelumnya pada awal maret lalu. Dijelaskan Maksum, di awal-awal bazar memang sengaja digelar di lingkungan para pegawai. Apalagi ada instruksi dari Bupati agar para pegawai menggunakan produk lokal misalnya pakaian batik setiap hari kamis.

Kegiatan yang juga digelar bersama TP PKK ini diharapkan bisa berjalan baik ke depan. Soal harga-harga produk, Maksum mengakui memang rata-rata agak eksklusif. “Tapi ya nggak terlalu mahal juga. Masih sesuai standar lah,” ujarnya.

Misalnya saja jenis tan rotan. Harga yang dibandrol mulai di kisaran Rp 250 ribu sampai Rp 1,7 juta tergantung ukuran. Jika bahan tas 100 persen murni terbuat dari rotan, harganya memang lebih murah. Sementara tas yang sudah dikombinasi dengan bahan kulit harganya jauh lebih mahal. Untuk bentuk sudah bermacam-macam, mulai berupa dompet,tas centel dan beragam bentuk lainnya.

Sementara harga kain batik cap ukuran 2 m dijual dengan harga Rp 170 ribu - Rp 190 ribu. Kemudian aneka cemilan ringan sesuai pada umumnya dihargai mulai Rp 15 ribu. “Memang kami ada ide mau menggelar bazar di tempat lain. Kalau misalnya ada usulan dari pimpinan mana, kami siap saja. Ya mudah-mudahan produk kita punya daya saing,” harapnya. Ditambahkan Maksum, ke depan justru diharapkan produk daerah yang kecil-kecilan bisa turut serta dalam pameran. Misalnya aksesoris gelang untuk souvenir. (Radar Tarakan/hms07)

 

Baca Juga

Berita Utama Index

Bupati: Malinau Punya Kekayaan Besar

Bupati: Malinau Punya Kekayaan Besar

Rabu, 09 Mei 2018

PROKAL.CO, MALINAU – Kabupaten Malinau memiliki beragam suku, agama dan latar belakang. Dengan keberagaman tersebut tentu banyak memberi warna, terutama budaya dan adat istiadat. Sehingga sangat pantas Malinau disebut daerah yang kaya. Karena,

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya