img
img

Pertanian

Kamis, 31 Maret 2016 | Oleh: hms07

Pemda Janji Beli Gabah Kering Petani

Pemda Janji Beli Gabah Kering Petani foto ilustrasi : Revitalisasi Pertanian

Malinau- Program Beras Daerah (Rasda) sebagai program Kabupaten Malinau diharapkan menjadi isyarat positif bagi pengembangan pertanian di Malinau.

Sebab, pada atau gabah yang selama ini menumpuk di lumbung-lumbung milik masyarakat, Pemerintah Daerah berjanji  akan membelinya dengan harga bersaing.

Yaitu Rp 5.500 per kilogram gabah kering giling untuk jenis padi nasional atau padi sawah.

Sehingga tidak ada alasan lagi bagi petani bermalas-malasan menanam karena khawatir tidak ada penampung yang membeli.

“Masyarakat kita kan istilahnya masih baru lah mengetahui adanya rasda ini. Makanya sekarang kita dorong terus agar semangat menanam sebanyak-banyaknya,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Malinau, Giram Barshobedie, BSc, MM Kamis pekan lalu.

Dijelaskan Giram, sesuai kalender musim tanam yang sudah disusun, pada 2016 ini masih ada kesempatan dua kali tanam padi, yaitu bulan Juni dan Oktober. Jadi, menurutnya, dengan luas lahan plus adanya kesempatan menanam tersebut, diharapkan jumlah pasokan padi lokal di Malinau untuk memenuhi kebutuhan Rasda mulai 2016 ini bisa semakin meningkat.

“kalau perhitungan kami (Dispertanak) padi Malinau ini surplus. Tapi nanti akan kita hitung kembali,” ujarnya.

Diuangkapkan dia, selama ini padi Malinau tidak terlihat banyak bukan karena langka. Tapi disimpan oleh para petani di lumbung.

Jika sewaktu-waktu diperlukan barulah petani mengambil stok gabah di lumbung penyimpanan. Pola tradisional menanam padi sebatas untuk konsumsi keluarga ini telah menjadi kebiasaan petani dahulu. (Radar Tarakan/umy)

Baca Juga

Berita Utama Index

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Rabu, 21 Februari 2018

Malinau-Aparat Pemerintahan Desa merupakan perwakilan pemerintah daerah guna untuk menjembatani dan memperpendek rentang kendali pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah termasuk dalam pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya