img
img

Pertanian

Kamis, 17 Maret 2016 | Oleh: hms07

Jaga Hutan, Bakar Lahan Dibatasi

Jaga Hutan, Bakar Lahan Dibatasi

Malinau- Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Malinau Frent Tomy Lukas mengungkapkan, potensi kebakaran hutan di Malinau tergolong kecil. Kok bisa, padahal kebiasaan masyarakat petani yang dipermasalahkan adalah soal berpindah-pindah lahan?

Secara umum, kondisi hutan dan lahan di wilayah Malinau berbeda dengan kondisi hutan di sebagian wilayah Sumatra dan Kalimantan Barat yang acapkali terbakar. Sebab, di Sumatra seperti Riau, Jambi dan Kalbar adalah lahan gambut.

Ketika terjadi kemarau, sedikit saja sumber api muncul di lahan gambut, maka berpotensi cepat meluas dan api susah dipadamkan. Sementara kondisi lahan Malinau sangat lembab.

“Kelembaban lahan di Malinau mencapai 70 persen,” terang Tomy. Meski demikian upaya antisipasi dan pencegahan kebakaran hutan tetap diupayakan dengan melibatkan instansi terkait dan juga TNI AD yang telah digandeng oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dengan rencana pembentukan barikade kebakaran dalam waktu dekat, diharapkan kasus-kasus kebakaran hutan dan kabut asap yang melanda Indonesia tidak kembali terjadi.

Dikatakan Tomy, masalah di Malinau memang hanya kebiasaan bakar lahan musim tanam tiba. Maka di dalam Peraturan Bupati yang akan menjadi pedoman nantinya, memuat penjelasan tentang aktivitas petani di Kabupaten Malinau. Misalnya diperladangan.

“Tidak ada larangan membakar hutan, tetapi ada teknis membakar. Saya rasa masyarakat Malinau sudah terbiasa dengan kearifan lokal,”ujarnya.

Sedikit bocoran, dalam draf Perbub tersebut, nantinya ada batas luasan maksimal yang boleh dibakar.

“yang dibolehkan hanya 1 sampai 3 hektar per kepala keluarga. Itupun membakarnya harus disekat terlebih dahulu,”ujarnya.

Jika ada warga yang membuka lahan pertanian diatas 3 ha, maka membakarnya tidak boleh dilakukan dalam satu kali proses bakar. Artinya hatur bergiliran. Membakarnya pun harus melapor kepada kepala desa untuk seterusnya disampaikan ke barikade kebakaran. “Mudahan tidak bersamaan,” harapnya. (Radar Tarakan).

Baca Juga

Berita Utama Index

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Kades Harus Senyum Dan Semangat !

Rabu, 21 Februari 2018

Malinau-Aparat Pemerintahan Desa merupakan perwakilan pemerintah daerah guna untuk menjembatani dan memperpendek rentang kendali pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah termasuk dalam pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan

Berita Foto Index

Mars Korpri

Mars Korpri

Rabu, 21 Februari 2018

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya