img
img

Perkebunan

Sabtu, 12 Maret 2016 | Oleh: hms07

Camat Sosialisasikan Larangan Bakar Lahan

Camat Sosialisasikan Larangan Bakar Lahan ilustrasi

MALINAU- Budaya bercocok tanam dengan melakukan pembakaran lahan masih terus berlangsung disejumlah daerah. Hal ini tak lepas dari budaya turun temurun yang hingga kini masih dipertahankan sebagian masyarakat adat. Menyikapi hal tersebut, pihak Pemkab maupun penegak hukum terus menggencarkan sosialisasi dan himbauan untuk memberikan pemahaman tentang larangan pembakaran lahan. 
Salah satu diantaranya ialah Kecamatan Malinau Utara. Masih memiliki banyak areal milik warga yang belum tergarap, membuat pihak kecamatan terus gencar mensosialisasikan larangan pembakaran lahan kepada masyarakat petani di Malinau Utara. 

“Hal utama yang perlu disampaikan adalah terkait larangan aturan pembakaran lahan. Selain itu ialah pemahaman alternatif lain pengolahan tanah yang dapat dipergunakan masyarakat selain membakar lahan,” ucap Muhammad Kadri, Camat Malinau Utara. 
Kadri menjelaskan, pihaknya lebih kepada memberikan pemahaman terkait pola tanam yang selama ini dilakukan masyarakat. “Seperti menanam padi, masyarakat kita dorong untuk meubah pola tanam yang sebelumnya di tanah gambut, dengan menggunakan sistem cetak sawah. Otomatis aktivitas pembakaran lahan akan berkurang, bahkan masyarakat tidak lagi melakukan pembakaran,” jelasnya. 
Sementara itu, pihak kepolisian juga turut meminta kepada masyarakat untuk menghentikan aktivitas pembakaran lahan. Dikatakan AKP Ruslaeni, Kasatreskrim Polres, pihaknya juga turut melakukan pemantauan terkait aktivitas pembakaran lahan. Ia pun meminta kepada pihak pemerintah untuk gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait larangan dan ancaman hukuman akibat melakukan pembakaran lahan. 
“Jangan sampai nanti ada masyarakat yang tetap melakukan pembakaran lahan Sehingga harus berurusan dengan pihak kepolisian. Kasihan masyarakat yang seperti ini, karena ketidakpahaman mereka akan aturan dan larangan yang selama ini mereka anggap benar, ternyata melanggar hukum,” kata AKP Ruslaeni. (sumber Koran Kaltara)

Baca Juga

Berita Utama Index

Jangan Sederhanakan Apel

Jangan Sederhanakan Apel

Senin, 17 Juni 2019

Malinau – Kalimat diatas diucapkan oleh Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dihadapan para peserta apel gabungan Korpri di halaman kantor Bupati Malinau, Senin pagi (17/6). “Apel itu adalah citra ASN jangan sederhanakan apel-apel yang kita

Berita Foto Index

Selamat Idul Ftri

Selamat Idul Ftri

Selasa, 04 Juni 2019

Berita Warga Index

Agenda Tentatif

Selengkapnya
[WIDGET KOMINFO] 14 Jun 2019 13:57 - ARTIKEL GPR - Tiga Jalur PPDB 2019: Zonasi, Prestasi, Perpindahan Orang Tua | 30 May 2019 14:00 - ARTIKEL GPR - Lansia Mandiri Sejahtera | 29 May 2019 10:24 - ARTIKEL GPR - SLO di Genggaman, Rumah Aman dan Hati Tenang | 28 May 2019 13:02 - ARTIKEL GPR - Mudik Tanpa Plastik | 28 May 2019 10:00 - ARTIKEL GPR - Instansi Pemerintah dan Stakeholder Terkait Siap Layani Angkutan Lebaran 2019